UNTUK MENU ATAU SUBMENU YANG DIAWALI DENGAN TANDA '#' ITU PERTANDA MASIH DALAM TAHAP PERANCANGAN METODELOGI PENYAMPAIAN (DENGAN TUJUAN AGAR LEBIH MUDAH DIMENGERTI)

Apakah anda setuju jika Bahasa Arab dijadikan kurikulum wajib kedua setelah Bahasa Inggris

new article announcement enter your e-mail address

Pengikut

Statistik Blog


Rabu, 20 Mei 2009

Pronoun

Pronoun atau kata ganti noun dalam tata bahasa inggris / english grammar memegang peranan yang sangat penting. Bisa kita bayangkan jika bahasa manusia tidak memiliki kata ganti mungkin akan timbul kejanggalan – kejanggalan. Misalkan ada seseorang bernama Donni Risdiandini, orangnya gendut dan sedang kelaparan, setahu saya hobbynya chatting :) hue..he..he, kemudian dia mengungkapkan perasaanya dengan berkata : “Donni Risdiandini hungry Donni Risdiandini want to eat.” Mungkin anda bingung siapa yang lapar dan ingin makan apakan si pembicara sendiri atau ada seseorang yang bernama sama dengan Donni Risdiandini, temannya mungkin. Tapi jika kalimat itu diganti dengan “I am hungry I want to eat” sudah pasti kita tahu maksud kalimat itu.

Karena didunia ini dimungkinkan adanya nama yang sama pemberian dari orang tua kita masing – masing, maka kata ganti “I = saya” adalah kata ganti untuk menggantikan nama diri sipembicara begitu juga dengan lawan bicaranya bisa menggunakan kata ganti I. Singkatnya bahwa semua bentuk Noun yang begitu beragam jenisnya bisa kita ganti dengan Pronoun.

Berikut ini daftar Personal Pronoun / kata ganti diri :

Jns Kel

PRONOUN

Possessive

Subjek

Objek

Possessive

Reflexive

Adjective

L/P

I

me

mine

myself

my

L/P

we

us

ours

Ourselves

our

L/P

you

you

yours

yourself

your

L/P/N

they

them

theirs

themselves

their

L

he

him

his

himself

his

P

she

her

hers

herself

her

N

it

it

its

itself

its

Dalam menghafal Reflexive pronoun coba anda bandingkan bentuk Reflexive Pronoun dengan objective pronoun beserta possesive Adjective. Penulis tambahkan possesive adjective sebagai pembanding dalam menghafal Reflexive Pronoun yang perlu anda ingat bahwa untuk I,We, You awalan ketiganya diambil dari possessive adjective sehingga menjadi myself, ourselves, yourself. Sedangkan sisanya diambil dari awalan Obejctive Pronoun sehingga menjadi themselves, himself, herself, itself.

Pada tabel diatas bisa kita lihat ada keterangan Jns Kel alias jenis kelamin atau dalam bahasa inggris disebut dengan istilah Gender. L = laki – laki, P = perempuan, N = Neuter (untuk yang tidak mempunyai jenis kelamin, contoh : meja).

Bisa kita pahami bentuk singular(tunggal) dan plural(jamak) dari kata ganti diatas. Singular (tunggal) yaitu untuk I, You, He, She, It. Sedangkan untuk plural (jamak) yaitu untuk We, You, They. Lho, berarti you bisa singular dan sekaligus plural dong. Ya ada pengecualian untuk Reflexive pronoun You = kamu / kalian, bisa mempunyai dua bentuk, jika singular / tunggal (you = kamu) maka bentuknya seperti pada tabel diatas (yourself). Jika dimaksudkan untuk bentuk jamak (you = kalian), maka berubah bentuk menjadi yourselves. Untuk Pronoun yang lainnya sama seperti yang ada pada tabel diatas.

Hukum kedua yang terdapat pada kata ganti / pronoun adalah bahwa meskipun kata ganti adalah kata untuk menggantikan noun tetapi lawan bicara kita harus sudah tahu sesuatu / seseorang yang dimaksud. Misalkan kita sedang duduk tiba – tiba ada orang yang tidak kita kenal berkata “he goes to school”, dari situ kita bingung siapa “he” yang dimaksud oleh sipembicara karena kita tidak tahu duduk perkaranya dari awal, mungkin sipembicara salah orang karena baju yang kita pakai mirip dengan temannya mungkin.

Hukum yang ketiga bahwa meskipun pronoun adalah kata untuk menggantikan sesuatu / seseorang tapi masih mempunyai arti sesuatu / seseorang yang digantikan. Misal ada percakapan :

Tina : “ is this my book”

Tono : “ it’s not yours it’s mine”

Yours dan mine adalah kata ganti (pronoun) dari book jadi pengertian book itu sendiri tidak hilang. Tapi jika ada seseorang yang tidak kita kenal yang masuk dengan tiba – tiba kemudian berkata “ it’s not yours it’s mine”. Mungkin kita bingung apakah “yours” dan “mine” itu sendiri.

Pembahasan kata ganti (pronoun) tidak berhenti sampai disini. Disamping kata ganti diri (personal pronoun) diatas, masih ada 3 (tiga) kata ganti, yaitu :

  • Relative Pronoun
  • Interrogative Pronoun
  • Demonstrative Pronoun

/*Tiga poin diatas bisa diklik jika tulisan sudah dimuat*/

Tolong ingetin untuk menulis ketiga pronoun diatas, suka lupa euy maklum IQ rada miring dikit. Baru kusadari pekerjaan yang paling susah didunia ini adalah menulis, ada sih di otak tapi kadang susah diungkapin atau tidak tahu harus mulai dari mana.

Tidur dulu ah capek. Huaaahhh!!

Komentar :

ada 5 comments ke “Pronoun”
Anonim mengatakan...
pada hari 

thx.. enak banget neh bacanya moga2 masuk deh ke otak gw

Anonim mengatakan...
pada hari 

wuah penulisnya aneh banget

Anonim mengatakan...
pada hari 

versi bhs igg@ mana,,,?

Anonim mengatakan...
pada hari 

yang inggrisnya ada tak

Anonim mengatakan...
pada hari 

lebih dari itu... menulis dan menulis serasa menghantui pikiranku.

Posting Komentar

kekuatan terbesar adalah mewariskan pengetahuan yang kita milliki pada generasi yang mewarisi planet yang pernah kita singgahi.(Wah sudah meninggal dong gue)

New Article Announcement

Untuk yang tidak ingin ketinggalan artikel terbaru dari Blog ini, Enter your email address( or your friends (*_-) :

Delivered by FeedBurner

FeedBurner FeedCount