UNTUK MENU ATAU SUBMENU YANG DIAWALI DENGAN TANDA '#' ITU PERTANDA MASIH DALAM TAHAP PERANCANGAN METODELOGI PENYAMPAIAN (DENGAN TUJUAN AGAR LEBIH MUDAH DIMENGERTI)

Apakah anda setuju jika Bahasa Arab dijadikan kurikulum wajib kedua setelah Bahasa Inggris

new article announcement enter your e-mail address

Pengikut

Statistik Blog


Rabu, 11 Maret 2009

Verb

“Verb”, para ahli bahasa di negara kita (Indonesia) membuat istilah sendiri untuk verb mereka menamakanya “Kata Kerja”. Karena bangsa Indonesia terdiri dari ratusan bahasa daerah hal ini sering menimbulkan kesalahpahaman. Pernah penulis berkesimpulan bahwa “kata kerja” adalah kata untuk menunjukan pekerjaan seseorang (contoh : Guru – Teacher, Petani – Farmer, Nelayan – Fisherman) dari ketiga contoh yang penulis sebutkan ternyata ketiga – tiganya bukan Verb (Kata Kerja) tapi Noun (hue..he..he..100x).

Jadi Verb itu apa ya?, tanpa sengaja penulis pernah nonton film Hollywood (film dalam bahasa inggris. Judulnya lupa, maaf yah) ceritanya begini. Ada sebuah Sekolah Menengah Atas (Senior High School) mereka mempunyai kelas khusus untuk anak – anak yang selalu ketinggalan dalam mengikuti pelajaran di sekolah (kumpulan anak – anak nakal). Pada saat salah seorang murid disuruh untuk menyebutkan kata yang termasuk Verb, jawabannya 100% ngaco (tapi jujur), begitu juga dengan siswa / siswi yang lain. Akhirnya sang guru menjelaskan bahwa Verb adalah kelompok kata yang menunjukan suatu tindakan (action). Wah! Orang yang pake bahasa inggris aja gak ngerti apa itu Verb apalagi kita, tapi mereka fasih dan lancar dalam menggunakan bahasa inggris itu sendiri.

Seperti yang telah penulis gambarkan di atas bahwa Verb adalah kelompok kata untuk menunjukan suatu tindakan (action), hal ini sebagian benar. Bisa kita lihat contoh : explode – meledakan, fight – bertarung , dan whistle – bersiul, etc. Semuanya menyampaikan suatu tindakan. Verb yang didalamnya mempunyai tindakan yang nyata (real action) maupun adanya aktifitas (activity) disebut dengan Dynamic Verb.

Tapi sebagian verb tidak mempunyai aktifitas (activity) yang nyata atau tindakan yang nyata (no real action). Verb jenis ini hanya menyampaikan keadaan (State), atau situasi (Situation) Verb jenis ini dalam ilmu bahasa inggris biasa disebut dengan Stative Verb. Contoh Stative Verb adalah be, Hear, See, seem, etc.

Contoh dalam kalimat : I hear bang! Bang! twice.

Hear disini hanya menerima atau mendengar suara yang diterima oleh telinga kita tanpa ada usaha yang begitu berarti. Tapi jika “to listen” mungkin berarti berusaha untuk mendengar “to try to hear”, dengan kata lain ada aktifitas atau tindakan dari pelaku.

Lebih jauh lagi bahwa Verb dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Helping Verb (Auxiliary Verb)
  2. Main Verb (Lexical Verb)

Kita akan mempelajarinya lebih jauh tentang Verb dilihat dari kegunaan dan pola keteraturanya.

Komentar :

ada 0 comments ke “Verb”

Poskan Komentar

kekuatan terbesar adalah mewariskan pengetahuan yang kita milliki pada generasi yang mewarisi planet yang pernah kita singgahi.(Wah sudah meninggal dong gue)

New Article Announcement

Untuk yang tidak ingin ketinggalan artikel terbaru dari Blog ini, Enter your email address( or your friends (*_-) :

Delivered by FeedBurner

FeedBurner FeedCount