UNTUK MENU ATAU SUBMENU YANG DIAWALI DENGAN TANDA '#' ITU PERTANDA MASIH DALAM TAHAP PERANCANGAN METODELOGI PENYAMPAIAN (DENGAN TUJUAN AGAR LEBIH MUDAH DIMENGERTI)

Apakah anda setuju jika Bahasa Arab dijadikan kurikulum wajib kedua setelah Bahasa Inggris

new article announcement enter your e-mail address

Pengikut

Statistik Blog


Rabu, 11 Maret 2009

Noun

“Noun”, para ahli bahasa di negara kita (Indonesia) membuat istilah sendiri untuk Noun mereka menamakanya “Kata Benda”. Kalau kita ingat lagi mata pelajaran Biologi, bahwa benda bisa digolongkan menjadi dua yaitu, benda hidup dan benda mati. Karena bangsa Indonesia terdiri dari ratusan bahasa daerah hal ini sering menimbulkan kesalahpahaman. Pernah penulis berkesimpulan bahwa “kata benda” adalah kata untuk menunjukan suatu benda (mati), sedang untuk sesuatu yang hidup (benda hidup) disebut makhluk. Sebab sebagian bahasa daerah atau mungkin karena kebiasaan yang sudah masuk ke alam bawah sadar kita, memisahkan antara benda dengan makhluk. Contoh (Guru – Teacher, anjing – dog, Tukul Arwana) ketiganya adalah makhluk bukan benda. Sedang contoh untuk benda itu sendiri seperti (Bola – Ball, Batu – Stone, Pencil – pensil). Kesemua contoh yang telah penulis sebutkan sesungguhnya semuanya adalah kata benda (Noun).

Jadi kata benda (Noun) itu apa?, Istilah Noun diciptakan oleh orang bule (pakar bahasa) yang asal katanya diambil dari bahasa latin, yaitu “nomen” yang kalau diterjemahkan berarti “Nama”. Jadi suatu kata yang memberi nama pada suatu Objek, makhluk, tempat atau konsep, kita kelompokan dengan sebuah istilah yaitu “Noun”.

Jadi contoh di atas (Guru – Teacher, anjing – dog, Tukul Arwana) dan (Bola – Ball, Batu – Stone, Pensil – Pencil) kesemuanya adalah noun, sebab inti dari yang disampaikan adalah nama. Karena sampai dengan sekarang penulis masih bingung dengan definisi dari “benda” (gak punya kamus besar bahasa Indonesia, gak punya duit buat beli bukunya L ). Mulai dari sekarang dan seterusnya pada blog ini tidak akan dipakai istilah “kata benda”, tapi Noun atau nomen saja OK coy! (jangan bilang – bilang bapak / ibu guru yah ^_^).

Komentar :

ada 0 comments ke “Noun”

Posting Komentar

kekuatan terbesar adalah mewariskan pengetahuan yang kita milliki pada generasi yang mewarisi planet yang pernah kita singgahi.(Wah sudah meninggal dong gue)

New Article Announcement

Untuk yang tidak ingin ketinggalan artikel terbaru dari Blog ini, Enter your email address( or your friends (*_-) :

Delivered by FeedBurner

FeedBurner FeedCount