UNTUK MENU ATAU SUBMENU YANG DIAWALI DENGAN TANDA '#' ITU PERTANDA MASIH DALAM TAHAP PERANCANGAN METODELOGI PENYAMPAIAN (DENGAN TUJUAN AGAR LEBIH MUDAH DIMENGERTI)

Apakah anda setuju jika Bahasa Arab dijadikan kurikulum wajib kedua setelah Bahasa Inggris

new article announcement enter your e-mail address

Pengikut

Statistik Blog


Senin, 27 April 2009

Mencari synonim / antonym dengan software Ms Office

Untuk memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris kita, alangkah baiknya jika kita mengetahui sinonim(persamaan makna kata) berikut antonim (lawan kata) dari suatu kosakata yang kita miliki. Otak kita akan mudah menyimpan suatu kosakata berikut lawan kata dan juga kata yang masih memiliki makna yang sama dibanding menghafal secara acak. Ini adalah suatu metode yang paling efektif untuk menghafal kosakata. Tapi bagaimana caranya? apakah kita harus mencari dan menuliskan satu persatu kosakata yang ada di buku kamus, wah capek deh!.

Jika saat ini anda bisa mengoperasikan komputer, bisa dipastikan bahwa anda sudah mengenal aplikasi yang satu ini, yaitu aplikasi Office buatan Microsoft, atau yang lebih dikenal dengan sebutan MsOffice. Pada penjelasan yang penulis berikan berikut ini menggunakan Software MsOffice 2003.

Pertama tama kita buka aplikasi Ms Office seperti biasa. Misal kita buka Word Processing MsWord.

Dengan cara klik Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Office Word 2003.

Jika Aplikasi sudah terbuka, cobalah anda ketikan kalimat dalam bahasa inggris. Contoh :

“English is difficult but I love it.”

Misal kita ingin mencari synonim (persamaan makna kata) dari difficult. Tempatkan pointer mouse pada kata difficult kemudian klik kanan. Pilih pilihan synonim maka akan terbentang sebanyak 8 (delapan) buah kata yang mempunyai makna yang hampir mirip. Jika kita ingin menggunakannya tinggal menunjuk kata yang dimaksud dengan pointer mouse kemudian klik kiri maka kata difficult akan diganti sesuai dengan pilihan anda. Misal anda mengklik complex maka kalimat diatas akan berubah menjadi “English is complex but I love it.”

Cara kedua yang bisa mengupas habis itu semua adalah dengan menggunakan thesaurus. Apa itu Thesaurus, Thesaurus adalah berupa perbendaharaan kata atau kamus atau bisa dibilang database dari suatu bahasa inggris tertentu pada contoh ini penulis menggunakan English (U.S). Coba anda lihat gambar diatas pada sub menu synonim terdapat kata Thesaurus itu bukan synonim dari kata difficult tapi submenu dari Synonim. Tiga buah titik menunjukan bahwa itu adalah sebuah menu yang butuh interaksi dengan user jadi tidak langsung dilaksanakan kecuali sesuatu yang sudah di set pada kondisi default. Menu tersebut juga bisa diakses dengan cara klik menu Tools pada windows kemudian pilih Language dan yang terakhir pilih Thesaurus.

Coba kita praktekan lagi, tempatkan pointer mouse pada kata “difficult” kemudian klik kanan pilih Synonim –> Thesaurus...

Hasil dari aksi anda akan memunculkan Task pane Research pada samping kanan (bisa anda lihat pada gambar diatas). Hasil dari pencarian kata difficult pada thesaurus akan ditampilkan, bisa anda bandingkan dengan hasil dari pencarian Synonim(cara kesatu diatas) hanya saja disitu terdapat antonim (lawan kata) yaitu berupa kata eazy. Dibanding dengan pencarian pada sinonim disitu masih terdapat banyak kata dibawahnya yang masih relevan dengan kata difficult.

Sebenarnya kedua cara diatas adalah bagian dari Research Task Pane yang bisa diakses dengan cara mengklik menu Tools -> Research... pada menu Windows, atau bisa dengan mengklik Toolbar Research diatas, atau pada saat klik kanan pada suatu kata pilih menu Look Up.... Pada Research Task Pane kita bisa mengetikan secara langsung kata yang diinginkan pada kolom yang tersedia kemudian Tekan enter atau klik tanda panah pada samping kanan. Dibawahnya terdapat pilihan bagi kita untuk memilih Thesaurus dalam bahasa United States / English (U.S) atau United Kingdom / English (U.K.). Dan ada satu lagi kelebihanya yaitu Translation berguna untuk menterjemahkan bahasa inggris ke bahasa tertentu misal prancis, Fitur Translation akan bisa digunakan jika anda sudah menginstall komponen bahasa tertentu, kedalam MsOffice. Jika anda tidak mau repot lagi anda hanya tinggal memilih All Reference Books maka dua buah Thesaurus (U.S. maupun U.K.) dan Translation akan digunakan secara bersamaan jika anda menggunakan fitur Research Task Pane.

Jika anda tidak bisa mempraktekan semua hal diatas pastikan bahwa bahasa yang dipilih adalah English bukan yang lain. Bisa anda lihat pada gambar diatas penulis menggunakan pilihan bahasa English (U.S).

Akhirnya penulis mengucapkan selamat melakukan Research gila-gilaan!. Sampai ketemu dengan tulisan berikutnya Daaa.....hhhhhh!!.

Komentar :

ada 1
Anonim mengatakan...
pada hari 

manteeeeeeeeeeep bos.
thanks>>>

Poskan Komentar

kekuatan terbesar adalah mewariskan pengetahuan yang kita milliki pada generasi yang mewarisi planet yang pernah kita singgahi.(Wah sudah meninggal dong gue)

New Article Announcement

Untuk yang tidak ingin ketinggalan artikel terbaru dari Blog ini, Enter your email address( or your friends (*_-) :

Delivered by FeedBurner

FeedBurner FeedCount